Prosedur Pengerjaan Sistem EFI

Pada saat pengerjaan sistem EFI kita harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

Perhatian :

1. Sebelum mengerjakan pada sistem bahan bakar, lepaskanlah kabel terminal negatif accu / batttry.

Petunjuk :

Kode gangguan diagnostik yang telah tersimpan dalam memori ECU akan terhapus jika kita melepaskan negatif battry, Oleh karena itu, bila perlu baca dulu kode diagnostik sebelum melepaskan terminal (-) negatif battry.

2. Jangan merokok atau dekat dengan api jika sedang mengerjakan sistem bahan bakar.

3. Jauhkan bensin dari bahan-bahan yang terbuat dari karet atau kulit

PERHATAIN TENTANG PEMELIHARAAN

a. Perhatian jika menghubungkan alat gauge

   1. Gunakan baterai sebagai sumber tenaga dari timming light, tachometer dll

   2. Hubungkan probe tester tachometer ke terminal IG – check konektor

b. Perhatikan yang akan dilakukan saat terjadi engine miss fire

   1. Periksa hubungan kabel terminal baterai dengan benar dan lain-lain

   2. Hati-hati memegang kabel tegngan tinggi

  3. Perikasa terminal coil dan semua jaringan sistem pengapian lainnya sudah terhubung dengan benar setelah melakukan perbaikan

  4. Hati-hati jika mencuci dengan air di ruang mesin, lindungi kelistrikan dari air.

SISTEM KONTROL ELEKTRONIK

1. Sebelum membuka wiring konektor EFI terminal dan lain-lainnya, pertama-tama matikan sumber tenaga dengan memutar kunci kontak pada posisi “LOCK” atau mencopot terminak negatif accu.

2. Jika memasang terminal baterai hendaknya berhati-hati jangan sampai terbalik.

3. Selama melepas atau pemasangan berhati-hatilah jangan sampai ada bagian yang terluka akibat adanya benturan. Hati-hatilah terutama bagaian ECU

4. Selama mencari kesalahan jangan ceroboh, karena terdapat sejomlah konektor yang terhubung dengan transistor, jika terjadi kesalahan dapat menyebabkan kerusakan lainnya.