Sensor MAP dan Sensor Sensor Throttle Position

Sensor MAP dan Sensor Sensor Throttle Position

Berikut keterangan dari sensor-sensor yang ada pada mobil injeksi :

Sensor MAP (Manifold Absolut Pressure)

Sensor ini berfungsi mendeteksi perubahan tekanan (pressure) di intake manifold dirubah menjadi perubahan tegangan. MAP sensor terdiri dari  semi konduktor type pressure converting element  yang berfungsi merubah tekanan perubahan tekanan menjadi perubahan elektrik listrik (listrik) dan sirkuit elektronik yang akan meneruskan dan memperbaiki perubahan elektrik  tersebut.

ECM mengirimkan tegangan (reference voltage) sebesar 5 volt ke MAP sensor . Dengan adanya perubahan tekanan pada manifold, tahanan elektrik akan berubah.

Dengan memonitor sensor output voltage, ECM dapat mengetahui tekanan pada manifold (jumlah volume udara). ECM menggunakan sinyal tegangan dari MAP sesnsor sebagai salah satu sinyal untuk mengontrol injector, IAC Valve dan EGR Valve.

Sensor Throttle Position (TP)

Throttle position sensor terdiri dari contact point (switch CPT) dan potentiometer dan potensiometer yang terhubung ke throttle valve shaft pada throttle body yang berfungsi untuk mendeteksi  pembukaan throttle valve. Pembukaan throttle pada kondisi idle dapat diketahui dengan cara kunci kontak di-Onkan

Pembukaan penuh dideteksi oleh potensiometer sebagai berikut, ECM memberikan reference voltage sebesar 5Volt ke sensor, sehingga tegangan out put bervariasi yang disebabkan karena perubahan brush (pembukaan throttle).

Demikian penjelasan sensor  MAP dan Sensor Sensor Throttle Position