SHOCK ABSORBER (Skok)

SHOCK ABSORBER
Ketika kendaraan mengalami kejutan dari permukaan jalan, pegas suspensi mengkerut dan mengembang untuk menyerap kejutan tersebut. Namun, dikarenakan pegas mempunyai karakter turun-naik, dan juga dikarenakan sering membutuhkan waktu bagi pegas untuk berhenti turun-naik, maka tingkat kenyamanannya menjadi kurang, kecuali ada suatu alat yang dapat meredam turun-naiknya pegas ini. Nah tugas untuk mengatasi masalah tersebut ada pada shock absorbers atau “shock”. Shock absorber tidak hanya untuk meredam gaya pegas yang berlebihan, untuk meningkatkan kenyamanan, namun juga memberikan daya cengkram pada ban yang `lebih baik dan meningkatkan kestabilan kemudi.

JENIS SHOCK ABSORBERS
Single-action shock absorber
Daya redamnya hanya terjadi ketika shock absorber merenggang. Daya redam tidak terjadi ketia dia menekan.

Multiple-action shock absorber
Daya redamnya terjadi baik ketika mengembang atau ketika menekan. Sekarang ini, kebanyakan tipe shock absorber ini yang yang dipakai pada kendaraan.

Twin-tube shock absorber
Tabung cylinder dibagi kendalam pressure tube dan outer tube menjadi working chamber (inner cylinder) dan reservoir chamber (outer cylinder).

Konstruksi shock absorber tipe twin-tube
Dibagian dalam absorber shell (outer tube) terdapat satu cylinder (pressure tube), dan di dalamnya lagi ada satu piston yang bergerak turun-naik. Di dasar piston rod, dipasang satu piston valve untuk menghasilkan
Daya redam ketika shock absorber merenggang (selama rebounding). Pada bagian bawah cylinder terdaoat satu base valve untuk menghasilkan daya redam pada saat shock absorber menekan (selama bounding).
Di dalam cylinder diisikan pelumas yang jumlahnya 2/3 dari reservoir chamber, sisanya diisi dengan tekanan udara.

Perawatan Sistem Bahan Bakar Diesel

Langkah kerja

Bagian-bagian sistem pengaliran bahan bakar akan dirawat berurutan sesuai dengan arah aliran solar;

1. Tangki

2. Pemisah air ( sedimenter )

3. Pompa bahan bakar

4. Saringan halus

5. Pompa injeksi

1. Tangki bahan bakar

Buka baut tap dan buang air/kotoran pada tangki.Tutup dan keraskan baut tap dari semua tangki sudah dikeluarkan. Tangki yang kotor sekali harus dilepas pada kendaraan untuk pembersihannya.

2. Pemisah air ( sedimenter )

Buang air dengan membuka kran . Untuk melancarkan pembuangan, gerakkan pompa tangan ­. Jika tidak ada pompa tangan, kedorkan salah satu sambungan slang pada pemisah air, supaya terjadi ventilasi udara.

Apabila pemisah air kotor sekali, bongkarlah untuk dibersihkan

3. Pompa bahan bakar

Bila pada sambungan isap pompa bahan bakar terdapat saringan kasar lepas dan bersihkan dalam solar

Pada waktu pemasangan, perhatikan dudukan paking perapat dan O ring

4. Saringan solar halus

Saringan solar halus ada 2 macam, satu dalam bentuk cartridge ( saringan dan rumahnya berada dalam satu unit ) dan yang lain dalam bentuk elemen saringan.

Gantilah cartridge. Jangan mengeraskan dengan tenaga besar !

 

 

 

 

Sewaktu elemen saringan diganti, bersihkan rumahnya. Perhatikan dudukan pegas dan paking - paking selama pemasangan !

 

 

 

Pompa injeksi

  1. Bila pompa injeksi tidak dilumasi melalui sirkuit pelumasan motor, kontrol permukaan oli pada pompa injeksi.
  2. Jika pompa injeksi dilengkapi dengan governor pneumatik (vakum), beri beberapa tetesan oli ke dalam governor.
  3. Kontrol kondisi slang-slang vakum governor pneumatik. Apabila keras, retak atau longgar pada sambungannya, ganti dengan yang baru.

Pembuangan udara

Setelah semua komponen sistem pengaliran bahan bakar dipasang kembali, udara didalam sistem tersebut perlu dibuang, supaya motor dapat dihidupkan.

  1. Kendorkan baut-baut pembuang udara yang terletak pada rumah/sambungan saringan halus dan juga pada ujung belakang pompa injeksi, bila pompa tidak dilengkapi dengan saluran pengembali.
  2. Gerakkkan pompa tangan sampai solar bersih keluar, kemudian keraskan baut pembuang udara.
  3. Bila pompa injeksi dilengkapi dengan saluran pengembali, gerakkan tangan lagi sampai katup pelepas pada pompa injeksi bersuara gemertak.

Kontrol akhir

  1. Hidupkan motor. Tidak menjadi masalah apabila motor pada saat pertama tidak hidup pada keseluruhan silindernya.
  2. Keringkan saluran dan sambungan sistem pengaliran solar dengan pistol udara, kemudian periksa kebocoran. Perhatikan khusus pada sambungan-sambungan yang telah dilepas !