· Sebulan, Inden Ayla 30 Unit




MAKASSAR, FAJAR – PT Astra Daihatsu terus menggenjot penjualan low cost green car (LCGC) Ayla di Makassar. Salah satu caranya adalah kampanye bahwa Daihatsu Ayla adalah mobil irit dan ramah lingkungan.


Pelbagai kegiatan dilakukan demi pencapaian target dan memanjakan pengguna Ayla. Seperti “Ayla Eco Master” dengan tema go eco friendly with Ayla yang digelar di Kantor Cabang Urip Sumoharjo, kemarin.


Sales Supervisor Daihatsu Cabang Urip Sumoharjo, Amzir Ramadan mengatakan saat ini edukasi produk terhadap pengguna Ayla terus dilakukan.


“Daihatsu Ayla telah menjadi kendaraan yang ramah lingkungan. Bukti keiritannya dengan memberikan edukasi melalui lomba menyetir irit,” urainya.
Amsir mengatakan, lomba menyetir irit tersebut dikhususkan untuk pengguna Ayla. Edukasinya berupa penjelasan bagaimana mengemudi yang efisien dan hemat bahan bakar.


Dia mengatakan, kegiatan serupa juga pernah dilakukan Daihatsu tahun lalu. Pemenangnya mencatat rekor tertinggi dengan penggunaan satu liter bensin sepanjang 30 kilometer untuk manual dan 24 kilometer per satu liter untuk matic.


Amzir menambahkan, penetrasi pasar Ayla di Sulsel saat ini menembus angka 489 unit. Itu angka riil untuk unit yang telah sampai di tangan konsumen.


“Secara keseluruhan penjualan Ayla diprediksi melampaui target. Saat ini kita punya inden 30 unit per bulan. Namun awal Januari lalu meningkat menjadi 45 unit karena alokasi ke Manado dialihkan ke Makassar,” ungkapnya. (m04/zul)

Types of Screwdriver

Screwdrivers are generally classified as slotted, Phillips head or Robertson (square recess) head, with all three types available with round or square shanks. Quality screwdrivers are judged by the kind of metal in the blade, the finish and amount of grinding on the tip. Material used in the handle, and bar attachment to the handle are other quality indicators.

If blade metal is poor quality, it will chip and crumble under pressure. If the tip is improperly ground and flares too much, it will rise out of the screw slot. If the blade is not attached firmly to the handle, it will eventually loosen and slip in the handle.

Kaca Mobil LLumar Bergaransi Samapai 7 Tahun

Kaca Mobil LLumar Bergaransi Samapai 7 Tahun

Pertumbuhan penjualan mobil di Indonesia membuat produsen aftermarket, misalnya kaca film (lapisan kaca), juga gencar memasarkan produknya. Salah satunya adalah LLumar yang sudah cukup dikenal di Indonesia.

Kemarin di IIMS 2012, Kemayoran, Jakarta, distributor kaca film asal Amerika Serikat ini, tidak memperkenalkan produknya, tetapi mesin pemotong lembaran pelapis kaca yang diprogram oleh komputer yang disebut  Prescision Cutting System(PCS).

“Ini pertama kali di dunia, produsen kaca film menggunakan mesin ini dengan peranti lunak komputer. Dengan ini hasil potongan lebih presisi sesuai dengan bentuk kaca mobil,” jelas Danny Wong K.L., Regional Marketing Tech. Manager LLumar dari Singapura.


Sementara itu Fendi, Presiden Direktur  PT Jaya Kreasi Indonesia yang memasarkan LLumar di Indonesia, dengan menggunakan mesin, pemotongan bisa dlakukan lebih cepat. “Mesin ini hanya digunakan oleh distributor. Toko tinggal memesan sesuai dengan mobil yang dipasang kaca film. Dengan mengunakan mesin ini, hasilnya lebih rapi. Selama ini, pemotongan menggunakan cutter. Hasilnya kurang bagus,” jelas Fendi.


Kompetisi
Sebagai bukti, Indonesia pasar potensial, Llumar mengenjot ketrampilan para pemasang produknya (tinter) dengan mengadakan kompetisi. Menurut Fendi, Indonesia telah ditunjuk menjadi tuan rumah kompetisi Asia Pacific Tinter bulan depan yang diikuti 11 negara dari Thailand, Taiwan, RRC, Korea, Singapura, Vietnam, Filipina, Indonesia, Malaysia dan Australia.

“Tujuannya untuk memotivasi para tinter menjadi terbaik di Asia Pasifik  dan bisa melakukan regenerasi ,” jelas Fendi.


Premium

Untuk produk, LLumar menyasarkan segmen premium dengan pertumbuhan penjualan pada semester pertama tahun ini mencapai 20 persen. Dijelaskan pula oleh Danny Wong, LLUmar bukan sekadar menjual dan lapisan kaca tersebut, tetapi adalah produsen bahan dasarnya. “Karena itu, dari segi kualitas kami memberikan garansi lebih lama,” tegasnya.

Saat ini, LLumar memberikan jaminan 7 tahun untuk produknya yang dipasarkan di Indonesia. Target pasarnya adalah “replacement” atau pemilik mobil yang ingin mengganti lapisan kacanya. Untuk harga, sangat bervarian, tergantung mobil dan luas kaca depan. Sebagai contoh, untuk Honda Jazz, tipe  Silver Black, harganya  Rp 5,482 juta dan Toyota Avanza Rp 5,710 juta.

“Selama IIMS ini kita berikan diskon 50 persen atautau separo harga,” jelas para wiraniaga wanita LLumar. “Kami juga siap memasang ke rumah konsumen. Untuk ini, dikenakan tambahan biaya Rp 300 ribu,” tambah wiraniaga tersebut


Saat in Llumar memasarkan 8 tipe atau jenis lapisan kacanya dengan berbagai karakteristik, antara lain, berdaasrkan persentasi tembus pandang, pantulan, kemampuan menolak ultraviolet (UV) dan total energi matahari yang bisa dipantulkan atau ditolak.

Dijelaskan pula, selain menahan panas, LLumar mengurangi silau. Sedangkan tipe produknya yang paling laku adalah Gold Series dan Super Black.

All New Honda Freed 2014 Masih Gunakan Basis Honda Jazz

OTONITY.com – Honda Freed 2014 Mengadopsi Desain Honda Jazz 2014. Kedua mobil pabrikan Honda ini memang memiliki platform yang sama tetapi berbeda segmen dan target pasar. Jika Honda Freed termasuk segmen mobil MPV, sedangkan untuk Honda Jazz termasuk segmen mobil hatchback. Tidak mengherankan jika keduanya memiliki penampilan yang sedikit mirip di setiap tahun peluncurannya baik minnor facelift ataupun major facelift. Perbedaan masih tetap terlihat jelas pada bagian eksterior dan interior salah satunya adalah pinto geser pada Honda Freed yang tidak dimiliki oleh Honda Jazz.


Untuk generasi terbaru Honda Freed memang belum dirilis, tetapi untuk Honda Jazz 2014 bahkan sudah dipasarkan di Brazil dan belum masuk Indonesia. Jika melihat varian mobil pabrikan Honda lainnya yaitu Mobilio yang mengadopsi bentuk dari Honda Brio versi MPV. Pada bagian fascia depan Honda Mobilio dengan Honda Brio ada sedikit kemiripan. Tetapi untuk bagian buritan sama sekali berbeda, pada bagian tersebut Honda Mobilio menunjukkan kelas yang lebih tinggi dibandingkan Honda Brio.


Honda Freed


Melihat fakta tersebut tidak menutup kemungkinan desain Honda Freed terbaru akan mengambil basis dari Honda Jazz 2014 dengan sosok yang tidak jauh berbeda ditambah dengan pintu geser. Perubahan lain yang mungkin terjadi adalah dimensi kaca samping akan lebih lebar layaknya mobil berjenis MPV. Kemudia pada bagian buritan belakang pasti memiliki desain baru yang akan disesuaikan dengan bentuk bodi secara keseluruhan. Garis-garis tegas pada samping mobil masih akan dipertahankan untuk menampilkan kesan agresif untuk Honda Freed terbaru 2014 ini. Cukup menarik memang jika membahas kedua mobil Honda yang cukup laris untuk segmen MPV dan Hatchback. Detail lainnya seperti mesin, fitur dan teknologi yang digunakan kita lihat saja nanti saat Honda Freed generasi terbaru meluncur secara resmi. Sepertinya masih lama brosis, tidak dalam waktu dekat ini!

Front Brake Caliper Disassembly - Reassembly

Disassembly Instructions

  • Remove the banjo bolt and disconnect the brake hose from the caliper.
  • Remove the caliper bolts then remove the caliper
  • If necessary apply compressed air to the caliper fluid inlet to get the piston out. Place shop rag wooden block as shown to cushion the piston when it is expelled. Do not place your fingers in front of the piston. Do not use high air pressure. Use low pressure air in short spurts.

Suzuki Sumbang Mesin untuk SMK

Tasikmalaya  -Peduli dengan dunia pendidikan di tanah air, Suzuki memberi bantuan 1 mesin untuk para siswa SMK. Dan kali ini Suzuki langsung memberikan 1 mesin Suzuki Mega Carry (G15A) kepada siswa SMKN negeri 3 Tasikmalaya.

"Pemberian satu 1 unit mesin APV 1.500 cc injeksi dengan standar Euro2 dari Suzuki kali ini merupakan Program Corporate Social Responsibility (CSR) ‘Suzuki Peduli Pendidikan’. Selain itu kami juga memberikan 36 modul service agar para siswa mengerti akan teknologi terbaru Suzuki," kata Public Relations Head PT Suzuki Indomobil Sales Dimelza Sharindradini, di Tasikmalaya.

Diberikannya 1 unit mesin untuk para siswa kali ini di Tasikmalaya, juga sebagai wujud apresiasi Suzuki kepada Tasikmalaya.

"Ini satu kontribusi untuk Tasikmalaya, dan kali ini kami berikan kepada SMK Negeri 3 Tasikmalaya. Selain itu kami juga akan menyerap para siswa untuk bekerja di Indomobil," kata Sharin.

Donasi ini diserahkan oleh manajemen PT.SIS kepada Walikota Tasikmalaya, Budi Budiman. Dan langsung diberikan kepada perwakilan SMKN 3 Tasikmalaya, bersamaan dengan diperkenalkan kendaraan niaga terbaru Suzuki Mega Carry dan Mega Carry Xtra Power Steering AC, dan Mega Carry Box di Mal Graha Asia Tasikmalaya.

Penyerahan donasi 1 mesin Suzuki untuk para siswa SMK bukanlah pertama kali dilakukan Suzuki. Setidaknya sudah ada 22 SMK yang menerima donasi mesin dari Suzuki yang tersebar di berbagai wilayah seperti di Manado, Kupang, Ambon, di Tasikmalaya, dan wilayah lainnya.
(lth/ddn)

Yamaha Byson Injeksi Meluncur Tahun Depan


All-New Byson menjadi motor selanjutnya dari Yamaha yang menggunakan teknologi Injeksi







All-New-Yamaha-Byson-Concept-2014










































































MOBILXMOTOR.com – Produsen motor asal Jepang, Yamaha berniat untuk membuat semua produk yang dipasarkan di Indonesia telah menggunakan mesin bersistem injeksi. Dan pergantian ke mesin injeksi tersebut dilakukan secara bertahap untuk menghindari terganggunya penjualan antar produk Yamaha.


Salah satu produk motor sport yang akan bermesin FI adalah Byson 150. Yamaha Byson ber mesin injeksi direncakan untuk diluncurkan tahun depan. Yamaha tidak ingin terburu-buru meluncurkan Byson injeksi tahun ini karena dikhawatirkan mengurangi penjualan Vixion dan varian motor sport lainnya yang akan meluncur tahun ini.


Dyonisius Beti selaku Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan “(Byson injeksi) tidak tahun ini, tapi pasti akan kita keluarkan, namun tidak tahun ini. Kalau dikeluarkan semua, akan ada banyak model sport Yamaha. Karena kita masih akan ada R15, R25, dan V-Ixion yang akan kita kejar tahun ini,”


Selain motor sport Yamaha Byson, motor bebek Jupiter MX juga direncakana akan bermesin injeksi. Tentang waktu peluncurannya, kemungkinan baru tahun depan. “Yang injeksi MX, antara tahun ini atau bareng Byson (2015). Karena masih ada konsumen yang suka injeksi,” tambah Dyon.


Yamaha sendiri mengaku bahwa saat ini berkonsentrasi pada penyebaran informasi mengenai teknologi injeksi YMJET-FI kepada para pelanggan. Yamaha sendiri berkampanye mengenai keunggulan mesin YMJET-FI kepada masyarakat dengan tagline “Irit dan Kencang”.










































Mopar logo


October 7, 2013


Pameran Aftermarket Akan Didominasi Produsen Asal Cina

















Pertamax VS Premium, mana yang aman di Injeksi?

Berita Terkait

  • Besut Jeep, mopar dadak libas medan ekstrim ekspedisi Offroad
    Besut Jeep, mopar dadak libas medan ekstrim ekspedisi Offroad

  • Fasilitas bengkel Suzuki UMC Surabaya tampung 30 mobil

  • Yamaha GT125, ramaikan era baru motor matic serba pintar


Merdeka.com - Penggunaan bahan bakar RON 88 dan di atasnya masih menjadi mitos di masyarakat, terutama menyangkut mesin dengan sistem injeksi. Adakalanya premium disebut aman untuk mesin jenis itu, tetapi ada pula kasus bahwa motor jadi bermasalah lantaran memakai premium.

Slamet Kasianon, Supervisor Service Education PT Yamaha Indonoesia Motor Manufacturing (YIMM) saat training mesin Injeksi Yamaha di Yamaha DDS Cempaka Putih Jakarta menyatakan bahwa perbedaan premium dan pertamax ada pada kandungan.

"Yang membedakan antara pertamax dan premium sebenarnya yang paling dasar ya zat-zat aditifnya. Kalau premium, kata orang Pertamina, zat pembersih memang dihilangkan. Artinya, kalau ada kotoran, itu hasil kotorannya gak gampang kebuang," urainya.

Injeksi menurut dia akan mengalami penyumbatan andaikata ada kotoran. "Cuma kalau kita, selama bahan bakar itu dimasukkan ke ruang bakar, motor dihidupkan, gak sampai ngelitik, fine-fine saja," ujarnya menjelaskan bahwa premium tersebut haruslah premium murni yang tidak terkontaminasi.

Lebih jauh, ia menuturkan bahwa rata-rata penumpukan karbon bukan karena kualitas bensin yang tidak sempurna. Pada dasarnya, itu tergantung cara orang menyimpan dan cara orang memakai sepeda motornya.

"Cara pakai orang kalau pakai motornya pelan-pelan, itu akan numpuk karbon, dibandingkan orang yang pakai motor kencang-kencang. Jadi kalau premium RON 88 gak banyak material luar, itu fine-fine saja (digunakan pada mesin) injeksi."

Ia pun menegaskan bahwa premiun tidak sepanas pertamax. Oleh karenanya, cara pakai sepeda motor pun tidak bisa pelan.

(kpl/why/rd)












Inti Radiator (Radiator Core)

Inti radiator (radiator core) terdiri dari pipa-pipa dimana cairan pendingin melalui pipa-pipa dimana cairan pendingin melaluinya dari upper ke lower tank. Juga dilengkapi dengan sirip-sirip pendingin pertama dipindahkan (diserap) ke sirip-sirip, yang didinginkan oleh kipas pendingin oleh kipas dan udara akibat gerakan dari kendaraan, yang mengalir melalui sirip-sirip pada saat kendaran sedang bergerak.


Ada dua tipe inti radiator yang perbedaanya adalahtergantung pada model sirip-sirip pendinginnya. Tipe plate (flat fin type) dan tipe lekukan (currogated fin type) seperti terlihat pada gambar.


radiator core

Beberapa kendaraan modern menggunakan versi terbaru, yaitu tipe lekukan, dari radiator tipe SR. Tipe ini hanya mempunyai susunan pipa tunggal (single row) sehingga bentuk keseluruhan lebih tipis dan ringan dari tipe biasa.


radiator core