Table Saw Safety Guidelines

Table Saw Safety Guidelines

1. Special training is required before using the table saw. You may not operate it without permission from the shop supervisor.

2. Stand to one side, never directly in line with, of work being fed through the saw.

3. Use the proper blade for the material and type of cut. Do not use a rip blade for cross cutting, or, a crosscut blade for rip sawing. Do not use a plywood blade for anything but plywood.

4. Inspect the blade before using it, to make sure it is the proper blade and is sharp and free from cracks.

Blok Silinder

Blok Silinder


Blok silinder merupakan inti daripada mesin yang terbuat dari besi tuang. Belakangan ini ada beberapa blok silinder yang dibuat dari paduan aluminium. Seperti kita ketahui, bahwa aluminium ringan dan dapat meradiasikan panas yang lebih efisien dibandingkan dengan besi tuang.


Blok silinder dilengkapi dengan rangka pada bagian luar untuk memberikan kekuatan pada mesin dan membantu meradiasikan panas. Blok silinder terdiri dari beberapa lubang tabung silinder, yang didalamnya terdapat torak yang dapat bergerak naik-turun. Silinder-silinder ditutup bagian atasnya oleh kepala silinder dengan meletakkan gasket kepala silinder (perpak/packing) diantara blok silinder dan kepala silinder.


Crankcase terpasang dibagian bawah blok silinder dan poros engkol dan bak oli termasuk crankcase. Poros nok juga diletakkan didalam blok silinder, ini hanya untuk tipe OHV (Over head Valve). Pada mesin modern poros nok berada didalam kepala silinder. Silinder-silinder dikelilingi oleh mantel pendingin  (water jacket) untuk membantu pendinginan. Perlengkapan lainnya seperti starter, altenator, pompa bensin, distributor dipasangkan pada bagian samping blok silinder.


blok silinder

Drilling Operations

The portable drill is hand supported for most operations, and the cutting speed of the drill is fixed or dependent upon the operator to control. When hand supported, the drill must be carefully aligned with the workpiece and this alignment must be maintained throughout the drilling operation. Care must be taken not to lose control of the portable drill and allow it to be wrenched from the operator’s hands. The larger portable drills can be very dangerous if not held firmly by the operator. If the cutting speed is fixed, the operator must learn to control the feed of the portable drill by applying sufficient pressure for the drill to cut, but not too much pressure as to cause overheating of the twist drill or stalling of the portable drill motor.

MODIFIKASI YAMAHA MIO

Ada yang merombak penampilannya menjadi lebih trendi. Ada juga yang meningkatkan wawasannya agar tidak dibilang kuper alias kurang pergaulan. Tapi ada juga dengan cara beda seperti yang dilakukan Adityawan, warga Desa Malanggaten, Kecamatan Kebakkramat, Karanganyar.

Modifikasi Yamaha Mio (Farid Syafrodhi/JIBI/Solopos)

Modifikasi Yamaha Mio


Untuk meningkatkan kepercayaan diri, dia justru merombak total Yamaha Mio miliknya menjadi bergaya street racing, sehingga penampilannya berbeda dengan motor sejenis. Motor matik keluaran 2008 itu awalnya berwarna merah marun, lalu diganti oranye. Karena bosan, dia kemudian menggantinya lagi menjadi abu-abu.

Street racing biasanya memakai warna ngejreng seperti oranye dan sebagainya. Tapi saya ingin tampil beda dengan warna abu-abu karena lebih kalem. Apalagi saya masih SMA, jadi identik dengan warna tersebut,” kata Adityawan saat ditemui di rumahnya, Rabu (4/12/2013).

 Modifikasi Yamaha Mio (Farid Syafrodhi/JIBI/Solopos)


Modifikasi Yamaha Mio


Ia mengerjakan semua modifikasi tunggangannya itu selama tiga pekan. Kaver CVT ia buat bolong-bolong agar pergerakan mesinnya terlihat mencolok dan lebih hidup.  Sekok depan ia ganti dengan 7 Speed dan sekok belakang diganti Gazi. Selain sekok, ban depan diganti Camel, ban belakang Swallow.

Pelek depan ukuran 120 dan belakang ukuran 140 dengan merek sama, yakni Sharky. Ia sengaja menggunakan pelek Sharky agar motornya terlihat manis. Terlebih lagi merek tersebut biasanya juga digunakan untuk kontes motor.

Sementara itu pada sektor cakram dan handspad memakai KTC Racing. Knalpot sengaja ia gunakan merek CHA dari Thailand agar terlihat berbeda dari motor street racing lainnya. “Suara tidak besar banget tapi masih enak didengar dan tidak memekakkan telinga,” kata Adit.

 Modifikasi Yamaha Mio (Farid Syafrodhi/JIBI/Solopos)


Modifikasi Yamaha Mio


Untuk oil cooler ia gunakan Koso dan tutup timing TDR. Jok juga dirombak dengan Somjin. Sementara itu untuk bodi dia rombak total dengan grafis air brush, termasuk pada rangka motor. “Biasanya untuk rangka hanya polos tidak digrafis. Kalau pun ada, paling grafisnya menggunakan cutting sticker. Tapi saya tidak mau hanya polosan atau sekadar tempel stiker,” jelas dia.

Total secara keseluruhan untuk bodi motor sudah 20 persen dimodifikasi. Sedangkan sisanya, termasuk pada sektor mesin masih original. “Saya suka gaya street racing karena cocok untuk diikutkan kontes, tapi juga manis untuk ditunggangi sehari-hari,” ujar Adit.

Memiliki kepercayaan diri yang tigngi mutlak diperlukan bagi setiap orang. Namun setiap orang memiliki cara tersendiri untuk meningkatkan kepercayaan dirinya.

Sumber Solopos.com